Minggu, 10 Juni 2012

EURO 2012




Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2012, atau lebih dikenal dengan Euro 2012, akan menjadi kejuaraan sepak bola antar tim nasional negara Eropa ke-14 yang diselenggarakan oleh UEFA. Putaran final akan diselenggarakan oleh Polandia dan Ukraina pada tanggal 8 Juni hingga 1 Juli 2012. Ini adalah pertama kalinya bagi kedua negara (Polandia dan Uraina) menyelenggarakan suatu turnamen besar. Pemilihan tuan rumah dilaksanakan oleh Komite Eksekutif UEFA pada tahun 2007.
Putaran final ini diikuti 16 (enam belas) negara, hal ini menjadi yang terakhir karena sejak Euro 2016 dan seterusnya, akan diikuti oleh 24 (dua puluh empat) negara finalis. Babak Kualifikasi diikuti oleh 51 negara, telah diselenggarakan antara Agustus 2010 dan November 2011 yang memilih 14 (empat belas) negara untuk bergabung dengan kedua negara tuan rumah putaran final. Pemenang kejuaraan ini otomatis mewakili UEFA untuk mengikuti Piala Konfederasi FIFA 2013 yang akan diselenggarakan di Brasil. Namun peringkat kedua(runner up) dapat mengikuti Piala Konfederasi jika Spanyol menjadi juara pada kejuaraan ini, karena Spanyol telah lolos sebagai pemenang Piala Dunia FIFA 2010

Stadion

Kota penyelenggara Warsaw, Gdańsk, Wrocław, Poznań, Kiev, Lviv adalah kota tujuan pariwisata terkenal di Eropa, namun tidak bagi Donetsk dan Kharkiv (yang terakhir telah menggantikan Dnipropetrovsk sebagai kota tuan rumah pada 2009). Paket tawaran membutuhkan perluasan dan modernisasi jalan dan jaringan transportasi.
Penyempurnaan wajib infrastruktur sepakbola termasuk pembangunan stadion baru: Enam dari delapan tempat yang baru stadion saat ini telah dibangun dan siap untuk digunakan sebelum turnamen; dua sisanya (di Poznan dan Kharkiv) telah mengalami renovasi besar untuk memperbaikinya.Tiga stadion akan memenuhi kriteria tertinggi UEFA

Polandia 
Stadion Warsawa
kapasitas 50.000












Stadion Poznan
kapasitas 40.000















Stadion Gdansk
kapasitas 40.000













Stadion Wroclaw
kapasitas 40.000
















Ukraina

Stadion Olimpiade
kapasitas 60.000


Stadion Donbass Arena
kapasitas 50.000 




Stadion Metalist
kapasitas 35.000




Stadion Arena Lviv
kapasitas 30.000


Maskot 



Nama-nama maskot diumumkan pada Desember 2010 setelah pemungutan suara di situs UEFA. Hampir 40.000 suara diterima, yang mendapatkan hasil sebagai berikut:
  • Slavek dan Slavko: 56% suara
  • Siemko dan Strimko: 29%
  • Klemek dan Ladko: 15%


Logo dan Semboyan
Logo resmi untuk turnamen ini diresmikan pada acara khusus di Mykhailivska Square, Kiev, pada 14 December 2009. Dibutuhkan identitas visual dari Wycinanki atau Vytynanky, bentuk tradisional pemotongan kertas dipraktekkan di daerah pedesaan Polandia dan Ukraina. Bentuk seni melambangkan sifat dari daerah pedesaan di kedua negara. Sebagai bagian dari acara tersebut, penanda bangunan di delapan kota tuan rumah diterangi dengan logo turnamen.Semboyan kompetisi, "Creating History Together" (bahasa PolandiaRazem tworzymy przyszłośćbahasa UkrainaТворимо історію разом / Tvorymo istoriyu razom), diumumkan bersama dengan logo. Slogan mencerminkan fakta bahwa Polandia dan Ukraina merupakan negara tuan rumah paling timur dalam sejarah Piala Eropa.


Bola 
Bola resmi pertandingan untuk Euro 2012 adalah Adidas Tango 12
Piala
Piala Henri Delaunay melakukan tur ke 14 kota di Polandia dan Ukraina. Sejak 20 April 2012, tur dimulai dengan mengunjungi WarsawWrocławGdańskPoznańKrakówKatowice dan Łódź. Setelah itu baru ke kota-kota diUkraina yaitu KievIvano-FrankivskKharkivDonetskDnipropetrovskLvivOdessa.






0 komentar:

Poskan Komentar