Jumat, 15 April 2011

Prediksi Pertandingan Real Madrid vs Barcelona Liga Spanyol 2011

El Classico jilid 2 akan berlangsung akhir pekan ini. Laga tersebut akan sangat krusial bagi kedua tim, karena Barcelona dan Real Madrid sedang berada di posisi 1 dan 2 klasemen sementara Liga Spanyol. Dengan demikian hasil dari laga ini akan sangat menentukan peluang juara kedua tim. Real Madrid tentu saja mengejar kemenangan demi memperpendek jarak point dengan Barcelona, selain itu ambisi balas dendam setelah kekalahan telak memalukan 5-0 di kandang Barcelona di El Classico jilid pertama musim ini.

Saya sebagai fans berat Barcelona tentu saja menginginkan kemenangan diraih oleh The Catalans, namun hal tersebut lebih susah karena akan bermain di Santiago Barnebeu. Okelah menjelang pertandingan El Classico tersebut, yuk isen-iseng jadi pengamat sepakbola sambil menganalisa dan memprediksi hasil akhir skor antara Real Madrid vs Barcelona.

Meski saya fans Barcelona, saya akan coba objektif. Yuk kita analisa lini per lini :

Kiper

Victor Valdes dan Iker Casillas adalah 2 kiper tak tergantikan di kedua tim. Soal pengalaman di klub, saya kira Iker Casillas lebih matang dibanding Valdes, apalagi di Timnas Valdes adalah cadangan dari Iker Casillas. Namun tanpa menafikan hal tersebut, Viktor Valdes musim ini bermain luar biasa. Jarang melakukan blunder seperti musim-musim lalu (hihihi). Sayang faktor emosi kadang bisa menjadi masalah kiper no 1 di Barcelona ini. Dilihat dari penampilan kedua kiper musim ini, saya kira di lini ini kekuatan berimbang.

Bek

Lini belakang Real Madrid maupun Barcelona merupakan yang tertangguh di Liga Spanyol. Bagaimana jika kedua tim dipertemukan? Real Madrid mempunyai 2 bek sayap yang sangat agresif dan sering membantu serangan, yaitu Marcelo dang Sergio Ramos. Berbeda dengan Real Madrid, di Barcelona hanya ada Daniel Alves yang bermain cukup agresif di bek sayap bahkan sering sampai masuk kotak penalti. Bek kiri yang biasa ditempati Maxwell tidak lebih agresif dibanding Alves. Di bek tengah, Barcelona punya Charles Puyol dan Gerard Pique. Untuk lini belakang ini, dalam hal agresifitas masih unggul Real Madrid, namun hal tersebut bisa saja tidak berjalan dengan baik karena dunia telah mengenal bahwa Barcelona adalah tim dengan penguasaan terbaik. Bahkan Real Madrid harus berhati-hati jika terus menerus menyerang memanfaatkan bek sayap mereka, kita tahu Barcelona mempunyai sederetan penyerang dengan kecepatan diatas rata-rata.

Gelandang

Saya kira duet gelandang Xavi dan Iniesta adalah yang terbaik saat ini. Bahkan meski disandingkan dengan Real Madrid, dimana mereka punya Kaka yang baru sembuh dari cedera. Kekreatifan Xavi dalam mendistribusikan bola akan sangat berpengaruh bagi permainan Barcelona.

Striker


Di Barcelona dan di Real Madrid ada 2 striker terbaik di dunia yang akan menarik perhatian di laga ini. Mereka adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Secara skill, mereka selevel namun berbeda cara bermain. Dengan speed diatas rata-rata, nampaknya mereka akan mendapatkan perhatian khusus dari masing-masing bek. Secara pribadi, saya lebih mengunggulkan Lionel Messi ketimbang Ronaldo. Apalagi dilihat dari statistik gol, hingga saat ini Messi masih lebih banyak mencetak gol dibanding Ronaldo. Meski kedua pemain tersebut akan menjadi daya tarik utama laga ini, kita tidak bisa mengesampingkan kehadiran striker lain. Di Barcelona ada Pedro Rodriguez, top skor kedua setelah Lionel Messi di Barcelona dan juga David Villa. Sayang Barcelona harus kehilangan Bojan yang cedera. Sedangkan di Real Madrid, ada Adebayor yang bermain gemilang di Liga Champions dan juga Karim Benzema.

0 komentar:

Poskan Komentar