Sabtu, 16 April 2011

Di Trek Shanghai, DRS Dipakai di Satu Titik



Lingkaran merah merupakan areal pemakaian DRS
 
Jika DRS di sirkuit Sepang hanya boleh dipakai di trek lurus di depan tribune VIP, maka untuk F1 China yang berlangsung di sirkuit Shanghai pada 17 April 2011, ... hanya diizinkan di trek lurus ke luar tikungan 13 sampai tikungan 14. Trek ini memiliki panjang 1,17 km dan merupakan trek terpanjang kedua di arena F1.
Namun, para pebalap tidak diizinkan mengoperasikan DRS sepanjang jarak tersebut. Untuk mencegah proses menyalip menjadi terlalu mudah, alat perangkap yang mengurangi hambatan angin itu hanya boleh dipakai sepanjang 900 meter (begitu mobil keluar tikungan 13). Titik deteksi untuk memantau jarak antar-pebalap sudah dilakukan sejak tikungan ke-12.
Menurut pengamatan pebalap pendatang baru (rookie), Paul di Resta, banyak peluang untuk menggunakan DRS di sirkuit Shanghai. Trek ini menurutnya menjadi salah satu lintasan yang kondusif.
"Akan menjadi sesuatu yang menarik, melihat bagaimana DRS aktif bekerja dengan sayap belakang yang bergerak di Shanghai. Itu bisa di mana saja, tak harus di trek lurus yang sudah ditentukan karena Shanghai memiliki banyak trek lurus," sebut di Resta.
Sementara itu, Direktur Teknik Renault James Allison telah memperingatkan FIA untuk tidak membatasi pebalap menggunakan DRS di trek lurus. "Kita jadi enak melihat adegan menyalip dilakukan banyak pebalap dan saya pikir, di Sepang, FIA sudah melakukannya dengan tepat," sebut James.

0 komentar:

Poskan Komentar