Selasa, 22 Maret 2011

Stadion Termegah di Dunia

Stadion-stadion Termegah di Dunia

Mengenai stadion Sepak Bola Terkenal dan terpopuler di Dunia. Sepak bola tak bisa dipisahkan dengan dengan stadion. Stadion merupakan bagian terpenting dalam olahraga ini. Klub-klub sepak bola besar dan terkenal identik dengan stadion yang menjadi home base mereka. Bahkan sebuah stadion pun mennjadi image sebuah kota. Jika menyebutkan Camp Nou, pasti orang akan mengacu pada klub Barcelona, Liverpool sangat identik dengan Anfield, Wembley merujuk pada kota London atau Aztec di Mexico City.
Setiap penyelenggaraan suatu turnamen sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa ata Piala Asia, selalu menitik beratkan terhadap fasilitas yang satu ini disamping infrastruktur pendukung kota yang lain nya seperti Transportasi, akomodasi dan lainnya. Tanpa stadion yang sesuai standar tidak mungkin suatu kota dapat terpilih menjadi host suatu turnamen. Lihatlah Piala Dunia, Piala Eropa, FIFA dan UEFA selalu menerapkan standar yang tinggi untuk bisa menjadi penyelenggara.
Bagaimana dengan stadion di Indonesia? Sesuatu yang sulit untuk di jawab. Fasilitas yang kurang bahkan minus dengan alasan klasik yaitu dana. Para penonton sepak bola tidak dapat menikmati pertandingan yang mengakibat permainan di lapangan pun menjadi membosan kan karena kualitas lapangan dan stadion yang memprihatinkan. Bahkan lebih asyik menonton di televisi dibandingkan di stadion langsung. Bukan karena apa melainkan karena tidak aman nya bila menonton di stadion. Di dalam stadion sewaktu-waktu biasa terjadi kerusuhan yang disebabkan ulah penonton sendiri yang tidak sportif. Semoga di Indonesia ada stadion-stadion baru yang dapat mengacu pada stadion-stadion terkenal di dunia.
Berikut ini beberapa profil stadion sepak bola terkenal di dunia yang dilengkapi dengan foto-foto dan informasi mengenai stadion tersebut.

Beijing National Stadium, Beijing
Beijing National Stadium atau biasa disebut Bird’s Nest (sarang Burung) merupakan stadion fenomenal dengan arsitektur yang paling rumit. Berkapasitas 80 ribu tempat duduk, diresmikan menjelang Olimpiade Beijing 2008.
Lihatlah bentuk stadionnya dari luar, tak salah jika orang lebih banyak mengenalnya sebagai sarang burung raksasa. Stadion ini berada di kompleks Olimpiade Beijing, dan didesain oleh Herzog dan de Meuron yang memenangkan lomba desain stadion untuk Olimpiade Beijing pada 2001. Herzog dan de Meuron berkolaborasi dengan desainer local China Ai Weiwei. Konstruksi awal stadion ini diperkirakan menghabiskan biaya 3.89 miliar yuan, tetapi karena biaya yang terlalu besar maka stadion ini didesain ulang pada 2004 seperti bentuknya sekarang sehingga hanya menelan 2,3 miliar yuan untuk pembangunannya.

Beijing National Stadium, Beijing atau sarang burung

Rungrado May Day Stadium, Pyöngyang
Stadion sepak bola terbesar di dunia ternyata ada di benua Asia, bukan di China atau pun India dengan penduduk terbesar di dunia, tapi berada di Pyöngyang, Korea utara sebuah Negara yang di embargo oleh dunia internasional. Walaupun demikian Korea Utara mempuyai suatu kebanggaan dengan memiliki stadion sepak bola terbesar di dunia hingga saat ini. Karena diresmikan 1 Mei 1989, maka stadion ini diberi nama Rungrado May Day Stadium atau Rŭngrado May First Stadium. Rungrado May Day Stadium berkapistas 150 ribu penonton. Nama Rungrado berasal dari Pulau Rungra di Sungai Taedong. Total luas lantai di stadion ini mencapai 207.000 m² sedangkan tinggi atap 60 meter dari tanah.

Rungrado May Day Stadium, Pyöngyang

Camp Nou, Barcelona
Nou Estadi del Futbol Club Barcelona, nama lengkap stadion milik klub kebanggaan masyarakat Catalan ini. Stadion yang diresmikan pada 24 September 1956 ini berkapasitas 98.800 kursi dan merupakan stadion terbesar di Eropa sampai saat ini. Partai pertama FC Barcelona di stadion ini ketika menjamu Warsaw selection dengan hasil 4-2 untuk tuan rumah.
Camp Nou yang beralamat di Avinguda Aristides Maillol, s/n, 08028, Barcelona, pernah direnovasi tahun 1980 dan 1994. Stadion ini berada di sebelah barat kota Barecelona dan berjarak 5 km dari pusat kota. Bandara terdekat yaitu Barcelona El Prat Airport (13km) dan Barcelona Girona Airport (91km).

Camp Nou, Barcelona

New Wembley Stadium, London
Stadion terbesar di Inggris Raya ini telah beberapa kali mengalami renovasi. New Wembley Stadium yang nama lama nya adalah Wembley Stadium merupakan stadion keramat bagi Inggris dan hanya di mainkan untuk partai-partai penting saja seperti Final FA Cup dan pertandingan tim nasional Inggris sendiri. Bahkan sekarang semifinal FA Cup juga dilangsungkan disini.
New Wembley Stadium berkapsitas 90 ribu kursi dan terbesar setelah Camp Nou untuk kawasan Eropa. Stadion ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti sarana olahraga lainnya, toko-toko merchandise, café dan restoran layak nya sebuah pusat perbelanjaan. Sekarang New Wembley Stadium telah menjadi ikon baru kota London yang akan menjadi host Olimpiade. Sebuah busur yang menjulang tinggi menjadi ciri khas New Wembley Stadium.

New Wembley

Santiago Bernabeu, Madrid
Santiago Bernabeu merupakan stadion kebanggaan kota Madrid khususnya pecinta klub Real Madrid. Stadion berkapasitas 80.400 kursi ini diresmikan 14 December 1947 dan pertandingan perdanya adalah Real Madrid vs OS Belenenses. Telah mengalami 5 kali renovasi dan terakhir pada 2003-2004. Stadion bernama lengkap El Estadio Santiago Bernabeu memiliki pencahayaan lampu 1.300 lux. Stadion ini juga didukung dengan fasilitas umum lainnya layak nya stadion besar Eropa dan salah satu stadion kelas 1 UEFA yang layak menyelenggarakan partai final Liga Champions.
Avenida Concha Espina 1, 28036 Madrid alamat lengkapnya Berlokasi di daerah Paseo de la Castellana dan berjarak 4.5 km dari pusat kota ke arah timur laut.

Santiago Bernabeu

Old Trafford, Manchester
Old Trafford milik klub Manchester United diresmikan pada 1909 dengan alamat Sir Matt Busby Way, Old Trafford, Manchester, M16 0RA. Berkapasitas 76.000 tempat duduk adalah stadion terbesar setelah New wembley di Inggris. Stadion yang dikenal dengan Theatre of Dreams ini termasuk stadion kelas 1 UEFA dan pernah menyelenggarakan partai final Liga Champions antara AC Milan vs Juventus tahun 2003.
Manchester United pemilik stadion ini berdiri pada 1878 dengan julukan The Red Devils adalah klub tersukses Inggris selama 2 dekade terakhir yang telah menjuarai Primiere League 18 kali dan 3 kali jawara Champions League sampai 2009. Di kota Manchester sendiri ada 2 klub di Primiere League yaitu Manchester United dan Manchester city, tetapi hanya united yang mendunia.
Old Trafford berjarak 3,5 km dari pusat kota kearah barat laut. Bandara terdekat yaitu Manchester International Airport berjarak 15 km.


Anfield, Liverpool
Anfield stadion legendaris milik Liverpool FC, diresmikan 1884 sebelum Liverpool FC, sedangkan Liverpool FC sendiri terbentuk 1892. Awalnya stadion berkapasitas 45.400 bangku ini menjadi home base klub sekota Everton yang terpaksa pindah ke stadion baru yang diberi nama Goodison Park.
Anfiel terletak di Anfield Road, Liverpool, L4 0TH Walaupun berkapasitas 45.400 bangku tapi pernah tercatat stadion ini pernah dipenuhi 61,905 penonton saat Liverpool vs Wolves, 2 Ferbruari 1952. Jarak bandara terdekat yaitu Liverpool John Lennon Airport (16 km).

Anfield

Olympiastadion, Berlin
Olympiastadion Berlin pertama kali diresmikan pada 1 Agustus 1936 dan direnovasi besar-besaran pada 2000-2004 sebagai venue Piala Dunia 2006. Dan disini pula Finalnya berlangsung antara Italia dan Prancis yang di menangkan Italia untuk keempat kalinya. Stadion yang beralamat Olympischer Platz 3, 14053 Berlin ini berkapasitas 74.200 kursi dan pencahayaan lampu 1.500 lux termasuk stadion kelas 1 UEFA. Hertha BSC menjadi klub Bungdesliga satu-satunya yang menggunakan stadion ini sebagai kandangnya. Berjarak 12 km dari pusat kota Berlin dan berjarak 28 km dari bandara Berlin-Schönefeld Airport.

Olympiastadion Berlin
Olimpico, Roma
Olimpico merupakan kandang dua klub kota Roma yaitu AS Roma dan SS Lazio, namun stadion ini dimiliki oleh Pemerintah Italia. Dengan nama resmi Lo Stadio Olimpico berkapsitas 82.000 penonton dan dimensi lapangan 105 m X 68 m menjadikan salah satu stadion di Italia yang masuk kelas 1 UEFA selain San Siro di Milano. Beralamatkan di Via Foro Italico, 00194 Roma 6 km dari pusat kota, stadion ini menjadi partai puncak Champions League 2009 antara Manchester United vs FC Barcelona.

Olimpico

Allianz Arena, Munchen
Inilah stadion terindah dan canggih yang ada saat ini, Allianz Arena. Diresmikan 30 Mei 2005 dengan partai perdana antara TSV 1860 München-1.FC Nürnberg. Stadion ini adalah home base FC Bayern München dan TSV 1860 München. Jika FC Bayern München menjadi tuan rumah maka stadion ini akan berwarna merah, sebalik nya jika TSV 1860 München bermain akan berwarna biru. Serta akan berwarna putih ketika timnas Jerman bermain disana. Sungguh terknologi Jerman yang sangat canggih.
Allianz Arena yang berkapasitas 69.900 penonton ini adalah menjadi tempat pembukaan Piala Dunia 2006. Ukuran lapangan 105 X 68 meter dan pencahayaan 1.500 lux menjadikan stadion ini salah satu stadion terbaik di Dunia. Dengan alamat Werner-Heisenberg-Allee 25, 80939 München anda bisa mengunjungi stadion ini karena hanya berjarak 11 km dari pusat kota munchen atau 29 km dari bandara Flughafen Munchen.


Setelah dipaparkan beberapa Stadion Olah raga Termegah diatas, adapun juga Stadion yang sangat unik disuatu negara yaitu Stadion Sepak Bola yang mengapung terbesar di Dunia yang terletak di Negara Singapura. Walaupun Singapura memiliki sedikit lahan, namun negara ini bertindak kreatif yaitu memanfaatkan tepian Marina Reservoir di Marina Bay untuk membangun stadion sejak April 2007. Dengan panjang 120 meter, lebar 83 meter, dan kapasitas 30,000 orang, stadion yang dinamai Marina Bay Floating Platform ini akan menjadi stadion mengapung terbesar dan termegah di dunia. Kini stadion ini hampir rampung (lihat foto-foto di bawah).


Dari beberapa Stadion Sepak Bola yang kita lihat diatas dan masih banyak lagi stadion Sepak Bola termegah di seluruh Dunia. Sekarang kita membicarakan Stadion Olah Raga dalam Negeri. Berhubung dengan tanggapan “Bagaimana dengan stadion di Indonesia?” jika kita lihat dibeberapa negara memiliki Stadion Sepak Bola yang megah-megah Jangan salah menyikapinya. Bahwa di Negara kita sendiri pun di daerah-daerah tertentu sedang direncanakan pembuatan-pembuatan Stadion Sepak Bola yang megah. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Stadion Batakan

Kota : Balikpapan, Kalimantan Timur
Dibangun : Tahun 2010 masih dalam tahap pengerjaan.
Kandang : -
Kapasitas : 30.000 kursi.
Tipe stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Batakan merupakan stadion masa depan dari Persiba Balikpapan. Komplek stadion Balikpapan di Batakan yang akan dibangun oleh Pemkot, kelak akan menjadi sarana olahraga yang mewah dan megah. Di bangun di atas lahan seluas 18 hektare akan berdiri berbagai sarana olahraga dengan standar olimpiade. Sarana tersebut tentu akan menjadi angin segar bagi pembinaan olahraga di Balikpapan khususnya buat team Persiba Balikpapan. Komplek olahraga tersebut diperkirakan membutuhkan waktu tiga hingga empat tahun untuk menyelesaikan keseluruhan proyek tersebut. Khusus untuk pembangunan stadion sepakbola pemerintah kota Balikpapan telah menganggarkan dana sekitar Rp 150 miliar.

2. Stadion Dompak

Kota : Tanjung Pinang (Pulau Dompak), Kepulauan Riau
Dibangun : Dalam tahap pembangunan
Kandang : -
Kapasitas : 40.000 Kursi
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori :A
Sejarah Singkat
Stadion Utama Tanjung Pinang ini diperkirakan selesai tahun 2012 dan natinya menjadi salah satu stadion bertaraf internasional di Indonesia.

3. Stadion Gedebage

Kota : Bandung, Jawa Barat
Dibangun : masih dalam tahap perencanaan
Kandang : -
Kapasitas : 40.000 kursi.
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Gedebage merupakan stadion masa depan Persib Bandung untuk menjalani partai kandang di Liga Indonesia. Stadion yang direncanakan selesai pada Tahun 2011 ini untuk menyambut Sea Games Indonesia 2011 dimana Jawa Barat akan menjadi tuan rumah bersama denga Jawa Tengah, DKI Jakarta, Dan Sumatera Selatan.

4. Stadion Perjiwa

Kota : Tenggarong, Kalimantan Timur
Dibangun : Tahun 2007 masih dalam tahap penyelesaian.
Kandang : -
Kapasitas : 35.000 kursi.
Tipe stadion : Stadion Madya (Olimpiq)
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Perjiwa, Tenggarong, Stadion yang kan selesai tahun ini. Jika sudah rampung seratus persen, stadion ini dipastikan akan lebih megah dibanding Stadion Utama Palaran ataupun Senayan. Selain lapangan standar Eropa, stadion ini akan dilengkapi atap model knock down. Atap bisa distel membuka dan menutup secara digital.

5. Gelora Jakabaring

Kota : Palembang, Sumatera Selatan
Dibangun : Tahun 2001
Kandang : Sriwijaya FC (Super Liga)
Kapasitas : 40.000 tempat duduk
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori : A
Event Besar – PON XVI 2004 Sumatera Selatan - Piala Asia 2007
Sejarah Singkat
Stadion Gelora Sriwijaya yang terletak di daerah jakabaring Palembang ini merupakan salah satu stadion besar di Indonesia. Dibangun dalam rangka persiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah PON XVI 2004, menunjukan keseriusan daerah ini dalam menyambut dan menyukseskan event empat tahunan tersebut. Dan kini pasca PON stadion ini digunakan klub juara Copa Indonesia dan juara Liga Indonesia 2007, Sriwijaya FC sebagai kandang klub tersebut. Stadion ini juga pernah digunakan sebagai tuan rumah pertandingan kualifikasi dan perebutan tempat ke-3 Piala Asia 2007 mewakili stadion Indonesia selain Gelora Bung Karno.

1 komentar:

Poskan Komentar